Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Powered by Blogger


Selamat Datang di Blog GKJ Brayat Kinasih, Yogyakarta. Tuhan Yesus Memberkati...


Selasa, Juni 15, 2010

Renungan

ORANG SAKIT KUSTA DISEMBUHKAN
(Lukas 5 : 12 - 16)

PADA suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah dia dan memohon : Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku. Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya menjamah orang dan berkata : “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya. Yesus berkata : “Pergilah, perlihatkan dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu. Tetapi Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada orang banyak.
Mengapa Yesus menghendaki orang banyak itu tidak tahu? Padahal berita itupun segera tersebar luas dan datanglah orang banyak berbondong-bondong untuk langsung mendengar dari Yesus dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.
Pertama : Tuhan Yesus itu rendah hati. Kedua : Tuhan tidak menghendaki orang-orang menjadi latah, ikut-ikutan dan serakah untuk menerima berkat-Nya. Seperti Tuhan Yesus mengajar berdoa : Berilah kami makan secukupnya hari ini. Bukannya makanan yang sebanyak-banyaknya, yang melimpah-limpah untuk hari ini, untuk hari esok, untuk kami simpan, untuk kami jual supaya kami menjadi kaya. Tidak! hanya secukupnya saja, itupun hanya untuk hari ini. Untuk esok ya harus mohon lagi dengan doa. Yang penting percaya dan menurut kehendak-Nya, bukan mengikuti keinginan kita sendiri.
Demikianlah setelah melihat banyak orang datang berbondong-bondong, justru Tuhan Yesus segera mengundurkan diri ke tempat-tempat yang sunyi dan berdoa. Jaman sekarangpun banyak orang datang ke gereja dan membawa persembahan perpuluhan mereka, seolah-olah berlomba. Karena dari pengalaman ini banyak orang kemudian menerima berkat berlimpah-limpah. Usaha mereka menjadi sangat maju. Tetapi jangan kira Tuhan berkenan atas cara berfikir begitu. Tuhan Yesus akan segerah meninggalkan kita, karena Dia muak melihat anak-anak Tuhan yang serakah terhadap berkat dan memperebutkannya untuk dirinya sendiri. Amin. *(Sdsnr)


RINGKASAN KHOTBAH
Ibadah Minggu, 6 Juni 2010 Pkl. 06.30 WIB.
Pdt. Sundoyo, S.Si.

Nats Bacaan : Raja- Raja 17 : 7 – 24

“Mereka Yang Mau Menolong Ditolong Tuhan”
Tuhan memelihara Elia melalui gagak.
Tuhan biasa memakai apa pun juga untuk memelihara umatnya. Kita belajar tentang kepatuhan melalui gagak (kepatuhan gagak dapat dilihat dari kepatuhannya untuk menjadi alat Tuhan untuk memelihara Elia). Janda Sarfat menunjukkan keramah-tamahannya kepada Elia sebagai orang asing. Dia bersedia menolong Elia dalam kesusahan. Ketika Janda Sarfat mengalami masalah di mana anaknya mati, Tuhan membangkitkan anaknya. menolong Janda Sarfat melalui Elia. Dengan kita melakukan kebaikan kepada orang lain itu sebenarnya menjadi tabungan kebaikan bagi diri kita sendiri. *(Kstin)

0 komentar:


ShoutMix chat widget